Sejarah SMK Bagimu Negeriku

September 18, 2017 no comments Admin Categories Profile

Berawal dari keprihatinan hati seorang ibu yang melihat anak-anak bangsa yang tidak memiliki ketrampilan yang cukup memadai sehingga kalah bersaing dengan bangsa lain, bahkan pergi memperbudakkan diri di negeri orang. Ibu Elisabeth Philip lalu bergerak bersama dengan komunitas kecil, yang percaya bahwa ketrampilan yang unggul dan karakter yang kuat hanya bisa dibentuk melalui sistem pendidikan yang baik, mulai merintis Yayasan Bagimu Negeriku Semarang dengan keyakinan bahwa pendidikan yang berkualitas tidak harus mahal.

Langkah ini semakin mantap ketika Pemerintah mulai giat menggalakkan pendidikan menengah kejuruan, dan pada akhirnya di bulan April 2010 dilaksanakan peletakkan batu pertama oleh MenkoKesra pada waktu itu, Bapak Agung Laksono dan Walikota Semarang yang menjabat pada saat itu, Bapak Soemarmo.

Sejalan dengan bergulirnya waktu, pembangunan SMK Bagimu Negeriku terus berlangsung dan akhirnya tahun 2011 menjadi tahun pertama bagi perwujudan dan realisasi visi Yayasan Bagimu Negeriku Semarang. Angkatan I SMK Bagimu Negeriku dengan jumlah peserta didik sebanyak 209 siswa.

SMK Bagimu Negeriku didirikan untuk menjawab kebuntuan permasalahan anak-anak yang cerdas namun putus sekolah/tidak mendapat kesempatan bersekolah karena biaya pendidikan yang sangat mahal dan berasal dari kalangan ekonomi lemah (bahkan dari daerah pelosok/terpencil), sehingga sesuai dengan nama sekolah ini, yaitu “Bagimu Negeriku” maka terlalu sempit apabila SMK ini hanya diperuntukkan untuk warga Semarang saja. Atas dasar tersebut maka diputuskanlah bahwa SMK Bagimu Negeriku akan juga menerima siswa dan siswi dari luar daerah dan bahkan luar pulau Jawa dan hal tersebut akhirnya menjadi sebuah keunikan tersendiri bagi SMK ini karena di dalamnya ada “Indonesia Kecil”.

Selanjutnya, seiring dengan terus dibangunnya infrastruktur dan kelengkapan, serta pemenuhan SDM yang mumpuni, SMK Bagimu Negeriku bertekad untuk terus menjaga konsistensi visi, dengan menghasilkan lulusan yang mampu menjadi berkat bagi diri, keluarga serta bangsa dan negara Indonesia.